Rabu

Habbatussauda , Obat Herbal Yang Berkhasiat Manjur


Habbatussauda di kenal dengan beragam nama diantaranya jintan hitam, kaluduru, black cumin, black seed, black caraway, Nigella sativa ( ini merupakan nama ilmiah ). Habbatussauda adalah salah satu jenis tanaman yang yang dapat di gunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Penggunaan nya sebagai obat herbal sudah di kenal sejak 2000-3000 tahun  sebelum Masehi.

Di dalam berbagai kitab kuno tercatat beberapa ahli pengobatan terdahulu yang menggunakan habbatussauda sebagai bahan obat-obatan di antaranya adalah :

·         Ibnu Sina (980 - 1037 M),
·         Al-Biruni (973-1048 M),
·         Al-Antiki, Ibnu Qayyim
·         Al-Baghdadi.
·         Dioscoredes ( abad pertama masehi )

Di kalangan umat Islam habbatussauda bahkan pernah di sampaikan dalam suatu hadits yang di riwayatkan Abu Huraerah: 

Abu Hurairah pernah mendengar Rasulullah Muhammad SAW bersabda: "Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam, yaitu maut" . Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari (10:118-119);Muslim(7:25);Ibnu Majah (2:342);Tirmidzi (2:3 pada edisi BulaQ) ; dan Ahmad (2:241) meneruskan riwayat Sufyan bin 'Uyainah dari Al-Zuhri dan Abu Salamah.

Di kalangan umat Nasrani habbatussauda  juga tercantum dalam Al kitab :

Alkitab terbitan Easton's, di dalam Perjanjian Lama pada Kitab Yesaya (28:25,27, NKJV), disebut kata 'ketsah' yang maksudnya adalah black cummin (nama Inggris untuk Habbatussauda) dan dalam terjemahan New World Translation of the Holy Scriptures terbitan Watch Tower Bible and Tract Society of Pennsylvania, tertulis black cumin, yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai jintan hitam. (http://id.wikipedia.org/ )

Keterangan di atas mempertegas keberadaan dan manfaat habbatussauda sebagai obat herbal yang sangat manjur.

Kandungan habbatussauda

Hasil penelitian yang di lakukan oleh ahli di bidang biologi dan farmasi di berbagai lembaga riset ilmiah menunjukkan  habbatussauda mengandung beberapa senyawa penting seperti:

·         Nigellon
·         Karbonil
·         Thymoquinone
·         asam linoleat (Omega 6)
·         asam linolenat (Omega 3)
·         Sapion

Senyawa tersebut  di ketahui oleh para ahli biologi, farmasi dan kesehatan secara umum sebagai zat yang banyak di gunakan untuk mengobati atau mengatasi berbagai macam jenis penyakit dan ganguan kesehatan pada manusia.

Khasiat habbatussauda sebagai obat herbal

Dari berbagai literature menujukkan bahwa habbatussauda dapat di gunakan untuk meningkatkan taraf kesehatan,  mengatasi berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan seperti :

·         Meningkatkan fungsi otak
Dengan kandungan asam linoleat  dan asam linolenat , Habbatussauda merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun. Habbatussauda juga memperbaiki peredaran darah ke otak dan sangat cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.
·         Menyembuhkan berbagai jenis penyakit pernapasan
Menyembuhkan penyakit asma bronchial, bronchitis, gampang lelah, batuk kronis dan penyakit pernapasan lainnya
·         Memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan Virus, Kuman dan Bakteri
·         Mempertahankan tubuh dari serangan kanker dan HIV
·         Mengatasi gangguan tidur dan stress
Unsur Sapion terdapat pada Habbatussauda mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang dapat memengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta memengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh, dan syaraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, menghilangkan stress, dan melancarkan air susu ibu (penelitian Potchestroom, 1989)
·         Sebagai Anti Histamin & Anti Alergi
·         Bahkan dengan merujuk pada keterangan hadits di atas habbatussauda dapat mengatasi segala jenis penyakit dan gangguan kesehatan . Ini menujukkan betapa bermanfaatnya habbatussauda untuk di jadikan obat herbal untuk mengatasi gangguan kesehatan.

Sekarang habbatussauda telah banyak di jual dalam bentuk makanan kesehatan . Salah satu  makanan kesehatan yang mengandung habbatussauda adalah super herbal yang mulai banyak di konsumsi masyarakat untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima.

Catatan :
Keterangan di atas merupakan kompilasi berbagai sumber keterangan mengenai habbatussauda



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Budayakan menulis komentar yang sesuai. Terima kasih untuk tidak SPAM