Senin

8 Jenis Makanan Yang Dapat Mengatasi Sakit Tenggorokan

sakit tenggorokan
Perubahan cuaca yang tertjadi seperti sekarang ini ( maret, april dan mei ) sangat rentang menimbulkan gangguan pada kesehatan. Terutama gangguan pada tenggoran. 

Sakit tenggorokan merupakan indikasi serangan virus flu pada manusia. Walaupun tidak terlalu sering dan tampak sepele, tetapi bagaimanapun tetap saja akan menggangu. 
Salah satu cara yang dapat di lakukan untuk mengatasi ganmgguan kesehatan ini adalah dengan memperbaiki pola hidup dan mengkonsumsi jenis makanan sehat. Diharapkan dengan konsumsi makanan sehat, produktifitas anda setiap hari dapat di pertahankan

Di bawah ini 8 jenis makanan yang dapat di konsumsi untuk mengatasi sakit tenggoran.

1. Wortel
Makanan ini banyak mengandung sat gizi seperti vitamin A ( beta carotin ), C, K serat dan potassium. Makanan ini harus di rebus terlebih dahulu sebelum di konsumsi jadi obat sakit tenggorokan. Wortel dapat menjadi obat yang sangat mujarab ketika anda sakit.

2. Gandum pasta
Jenis makanan ini banyak mengandung sat gizi seperti vitamin B1, B2, B3, dan E.  Untuk membuat jadi obat sakit tenggorokan,  bahan makanan ini sebaiknya dalam bentuk pasta panas dan di buat dalam saus rendah lemak.

3. Oatmeal
Ini merupakan salah satu jenis makanan yang kaya serat. Oatmeal juga banyak mengandung protein dan rendah glycemix. Selain dapat di gunakan mengatasi sakit tenggorokan oatmeal dapat menurunkan kolesterol jahat ( LDL: low Density Lipoprotein ). Semangkuk oatmeal panas yang di campur dengan madu atau pisang merupakan kombinasi yang sangat baik untuk mengatsi sakit tenggorokan anda.

4. Teh jahe
Kombinasi the jahe dan madu dapat menjadi obat alternative yang baik untuk mengatasi rasa sakit karena iritasi pada tenggorokan. Selain itu uapnya dapat melegakan sesak di dada.

5. Telur orak
Ini adalah jenis makanan yang sangat kaya dengan kandungan protein. Orak arik/putih telur dapat membantu mengurangi rasa sakit karena peradangan tenggorokan. Parlu di perhatikan adalah ketika bahan makan ini di guinakan, supaya tidak mencampur dengan bahan rempah, karena dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit.

6. Lemon juice dan madu
Ini adalah jenis makanan yang sudah sangat sering digunakan sebagai alternative untuk mengatsi rasa sakit karena radang tenggorokan ketika kita terserang flu. Campuran Lemon juice dan madu dapat pula mendinginkan tenggorokan sehingga perasaan lebih adem.

7. Chicken soup
Chicken soup atau sup ayam adalah satu obat yang secara turun temurun banyak di gunakan untuk mengobati rasa sakit tenggorokan. Jenis makanan ini memiliki sifat anti implamasi ringan dan mencegah infeksi virus. Untuk melengkapi nutrisinya, sup ayam dapat di campur dengan wortel, bawang, bawang putih, seledri,  ubi jalar dan lobak.

8. Pisang
Pisang kaya dengan kandungan sat gizi seperti B6, kalium dan vitamin C dan rendah glikemik teksturnya yang lembut memudahkan untuk di telan.

Jenis makanan tersebut di atas merupakan alternative untuk mengatsi sakit tenggorokan. Masing-masing orang akan mengalami reaksi yang berbeda terhadap jenis-jenis makanan tersebut. Jadi bisa saja orang lain yang meminum salah satu jenis makanan tersebut dan mendapatkan reaksi yang positif sementara orang lain mungkin agak lambat atau bisa jadi tidak ada afek penyembuhan apa-apa.  Sebagai bahan makanan alami tidak ada salahnya di coba.

Saya berharap informasi ini dapat membantu bagi anda mungkin sedang mengalami rasa sakit tenggorokan. Tidak ada jaminan kesembuhan, karena itu sangat tergantung dari kondisi tubuh dan tingkat keparahan sakit yang anda derita. Bagaimanapun jika sakit berlanjut, tidak ada cara yang lebih baik kecuali ke dokter.  Ok

Bagaimana menurut anda.  Apakah anda memiliki pengalaman yang berkaitan dengan penggunaa salah satu jenis makanan tersebut di atas untuk mengatasi rasa sakit tenggorokan. Apa yang anda lakukan jika mengalami sakit tenggorokan?

Jumat

Inilah Makanan Yang Dapat Memutihkan Gigi Secara Alami

Apakah anda cukup percaya diri untuk tersenyum kepada orang lain. Bisa iya bias tidak. Salah satu penyebab anda mungkin merasa tidak PD tersenyum adalah karena factor gigi. Gigi adalah salah satu asfek yang sangat menunjang penampilan anda.

Mendapatkan gigi yang putih bersih adalah impian banyak orang, termasuk mungkin anda. Karena itu untuk membuat gigi putih bersih secara alami dapat dilakukan dengan rajin dan secara teratur membersihkan gigi.

Secara alami gigi dapat di putihkan dengan mengkonsumsi makanan. Beberapa jenis makanan terbukti dapat membantu memutihkan gigi anda adalah.

Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat membantu memutihkan gigi anda.
      1.       Apel
Kandungan air yang tinggi pada apel dapat meningkatkan produksi air liur, yang sanggup membunuh bakteri. Apael juga dapat bertindak sebagai pembersih gigi dan memperkuat gusi.

      2.       Keju
Keju dapat membunuh bakteri dan meningkatkan jumlah air liur.

      3.       Baking soda dan lemon
Kedua jenis bahan ini dapat di kombinasikan/di campurkan kemudian digosok pada gigi. Jika di lakukan secara rutin selama sekali seminggu, akan dapat membantu memutihkan gigi.

      4.       Susu
In I merupakan makanan yangh dapat membersihkan dan menguatkan gigi anda.

      5.       Pear
Mengunyah buah pir dapat meningkatkan jumlah air liur, menetralkan penyebaba bau mulut. Peningkatan jumlah air liur karena mengunyah buah ini dapat menyapu sisa makanan dan membersihkan gigi.

      6.       Lemon juice
Membilas mulut/gigi anda dengan lemon juice selama seminggu sekali dapat mencerahkan dan memutihkan gigi.

      7.       Pisang
Kulit pisang mengandung mineral penting dan bila di gosokkan pada gigi selama dua menit dapat memutihkan gigi.

      8.       Kacang-kacangan
Plak dan noda yang menempel pada gigi dapat di hilangkan dengan mengunyah almond dan walnut.
Jadi pada prinsipnya gigi anda dapat terbantu pemutihannya dengan produksiair liur yang cukup.

Beberrapa jenis makanan lain selain bahan di atas juga dapat membantu memutihkan gigi anda. Coba cek di bahan makanan yang dapat memutihkan gigi..

Jenis makanan di atas merupakam pemicu produksi air liur tersebut dan sekaligus bebertapa di antaranya dapat membunuh bakteri. Jadi intinya adalah kebersihan gigi.


Saya berharap informasi ini dapat berguna bagi anda. Bagaimana menurut anda. Apakah bahan-bahan makanan di atas cukup efektif untuk memutihkan gigi?.


Senin

Cara Praktis Untuk Tetap Awet Muda

cara awet mudaMungkinkah untuk tetap awet muda? paktanya ada banyak orang yang wajah dan tubuhnya  tetap segar dan tampak muda, padahal usianya sudah berumur.  Dari segi kesehatan  sesungguhnya mempertahankan tubuh untuk awet muda sudah bukan hal baru. Banyak tereatmen yang bisa dilakukan untuk maksud tersebut. 

Prinsip dasar dari upaya ini adalah membuat sel-sel tubuh tetap melakukan reproduksi memperbanyak dirinya sehingga di peroleh sel dan jaringan yang baru.  Secara alami sel dan jaringan tubuh akan mengalami penurunan fungsi karena proses penuaan tersebut. Tetapi jika sel dan jaringan tetap mendapat suplai energy dan nutrisi yang baik, maka proses penuaan dapat di hambat. Zat-zat gizi tersebut dapat bersumber dari berbagai bahan makanan seperti buah dan sayur.

Apa yang dapat dilakukan untuk membuat anda tetap awet muda?

 

Mengkonsumsi makanan alami di bawah ini dapat membantu mempertahankan fungsi sel dan jaringan tetap normal.

1. Cukup minum air putih setiap hari
Air adalah zat yang sangat penting keberadaannya di dalam tubuh. Sebagian besar dari tubuh terdiri atas air, sehingga ketika air bermasalah maka sebagian besar dari tubuh akan bermasalah. Semau proses fisiologi dan reaksi kimia di didalam tubuh berlangsung di dalam air. Air adalah pelarut zat-zat lain yang di butuhkan oleh tubuh. Pastikan anda mengkonsumsi air yang cukup setiap hari.

2. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayam atau jenis-jenis sayuran yang lain kaya dengan kandungan gizi seperti asam folat yang dapat mencegah rusaknya DNA dan pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat mendukung proses sirkulasi darah dan zat yang terkandung di dalamnya ke seluruh tubuh  dengan lancar.

3. Anggur merah dan buah yang berwarna ungu
Anggur merah adalah salah satu bahan makanan yang kaya dengan antioksidan seperti polifenol dan resveratrol.  Selain itu anggur merah juga mengandung mineral seperti  Mg, Mn dan Zn yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Polifenol dapat menghancurkan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Resveratrol membantu meningkatkan level kolesterol baik dalam tubuh dan mencegah penggumpalan darah dan menjaga sistem peredaran darah tetap sehat. Resveratrol yang terkandung dalam anggur merah juga bermanfaat bagi wanita saat menopause dengan mengurangi risiko penyakit seperti kanker payudara dan osteoporosis yang disebabkan berkurangnya level hormon estrogen.  Selain itu anggur merah juga dapat memperbaiki proses pencernaan.

Buah yang berwarna ungu seperti terong, kubis ungu, bawang merah, ubi jalar, anggur, kismis, plum dan blackberry, juga kaya akan zat-zat yang diperlukan untuk menyehatkan tubuh. Buah tersebut mengandung antioksidan yang kuat dan menjadi pelindung untuk mengurangi risiko kanker seperti kanker payu darah, menyehatkan jantrung dan meningkatkan daya ingat serta mencegah penuaan dini. 

4. Teh hijau
Teh hijau memiliki banyak manfaat diantaranya adalah bisa membantu tekanan darah menjadi teratur, menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol dan hasil 

The mengandung zat: Flouride, Asam amino L-theanine (memperkuat imune tubuh), Anti oksidan (Polifenol – 10 kali lipat dibanding sayuran, flavonoid), Quercetin, kaempfrol, dan myricetin (mencegah pengapuran pembuluh darah) dan Tein.
Riset membuktikan, teh hijau efektif mencegah kanker. Itu seperti obat paling mujarab yang bisa Anda dapatkan.

5. Cokelat hitam
Cokelat bisa membantu melawan tanda-tanda penuaan karena kandungan kakaonya. Kakao kaya akan antioksidan yang disebut flavonoids yang membantu menjaga fungsi pembuluh darah agar tetap sehat. 

Konsumsi kakao hitam yang kadar kakaonya lebih tinggi untuk mengambil manfaat yang maksimal.

6. Yoghurt
Yoghurt, selain mengandung zat gizi seperi kalsium juga mengandung banyak bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan usus dan mengurangi risiko penyakit usus yang berkaitan dengan umur. Kalsium dapat membantu mencegah osteoporosis. 

7. Produk kedelai
Kedelai merupakan sumber protein alternative yang sangat bagus di samping daging atau susu, karena memiliki sedikit kandungan lemak jenuh atau bahkan tidak sama sekali. Makanan yang rendah lemak jenuh akan mengurangi risiko Anda terkena serangan jantung dan menurunkan tekanan darah. Produk kedelai sangat bagus membantu menurunkan kolesterol dan tambahan yang berguna untuk makanan sehat.

Demikian beberapa jenis makanan yang dapat mencegah proses penuaan dini pada tubuh kita sehingga ketika di konsumsi secara benar ( gizi seimbang ) maka manfaat yang terkandung di dalamnya dapat kita maksimalkan.


Selasa

Inilah 6 Makanan Yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Menurut Wikipedia Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama). Tekanan darah yang melebihi 140/90 mmHg saat istirahat diperkirakan mempunyai keadaan darah tinggi.

Sistol itu sendiri diartikan sebagai tekanan yang di peroleh pada saat jantung berkontraksi memompa darah dan Diastol di depinisikan sebagai tekanan yang di peroleh pada saat jantung berelaksasi yaitu pada saat darah masuk kedalam jantung. Dua hal inilah yang di jadikan patokan untuk mengukur besarnya tekanan darah seseoarang.

Hipertensi merupakan penyakit yang bisa terjadi pada semua orang tanpa mengenal usia. Jika tak segera ditangani  hipertensi bisa memicu penyakit pada jantung dan pembuluh darah ( stroke, aterosklerosis, serangan jantung, gagal jantung dan aneurisma arteria ), yang dapat memicu kematian. Hipertensi dapat di kenali dari Gejala yang timbul seperti sakit kepala, perdarahan dari hidung, pusing, wajah kemerahan dan kelelahan.

Cara terbaik untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan menjaga konsumsi makanan dan gaya hidup yang dapat meningkatkan tensi darah. Selain itu beberapa obat yang di rekomendasikan oleh dokter dapat di gunakan untuk menurunkan tensi.

Berapa tekanan darah yang normal? Ini sangat di pengaruhi oleh banyak factor seperti umur, jenis kelamin, aktifitas, posisi tubuh, kejiwaan, kondisi kesehatan tubuh, dll.. Menurut sumber di Wikipedia tekanan darah normal adalah kondisi dimana tekanan darah sistol adalah < 120 mmhg dan diastol < 80 mmhg.

Menurunkan tekanan darah dapat di lakukan dengan menggunakan obat yang di rekomendasikan oleh dokter. Selain itu mengkonsumsi beberapa bahan makanan dapat pula menurunkan tensi secara alami.

Bahan makan yang dapat menurunkan tekanan darah anda adalah:


Tomat
Sebagai salah satu sumber vitamin C dan antioksidan likopen tomat dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Tomat juga kaya nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A, E dan potasium serta kalium yang diperlukan untuk mengontrol tekanan darah.


Brokoli
Mengkonsumsi brokoli secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini bersumber dari Nutrisi penting yang terkendung di dalamnya seperti vitamin C, potasium dan khrom, terdapat di brokoli. Brokoli juga mengontrol kadar gula darah, kadar insulin dan melindungi jantung Anda dari penyakit jantung.


Bawang putih
Sebagai bumbu masakan bawang putih juga bermanfaat menurunkan tekanan darah. Jenis bawang membantu mencegah darah dari pengentalan, agar mengendalikan penyumbatan di dalam jantung.


Bayam
Sayuran hijau ini dapat membantu menurunkan tekanan darah anda. Bayam kaya dengan kandungan vitamin C dan nutrisi esensial lainnya, seperti zat besi, folat dan magnesium.


Pisang
Mengkonsumsi1-2 buah setiap hari, selain sebagai sumber energy dan vitamin bagi tubuh, pisang juga efektif menurunkan tekanan darah. Kalium dalam pisang diyakini ampuh mengontrol tingkat tekanan darah. Hanya perlu di ketahui bahwa pisang juga memiliki kandungan gula yang tinggi, sehingga mengkonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas.


Buah kaya vitamin C
Buah-buahan seperti jeruk,mangga,nenas, jambu biji, anggur dan stroberi merupakan sumber yang kaya dengan kandungan vitamin C. Banyak penelitian yang menunjukkan asupan vitamin C dapat mengurangi tekanan darah tinggi.


Bahan makan tersebut diatas merupakan bahan makan yang sering kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari.  Pilihlah jenis-jenis makan yang segar , makanyang sehat untuk mendapatkan kualitas kandungan gizi  terbaik untuk di konsumsi.


Minggu

Tetap Sehat Di Hari Raya

Setelah berpuasa selama sebulan penuh, kini 1 syawal 1433 H yang bertepatan dengan 19 Agustus 2012 Segenap umat Islam merayakan hari kemenangan. Kemenangan dari segala hal yang dapat membatalkan ibadah puasa. Sebuah kemenangan atas hawa nafsuh yang merupakan musuh utama umat manusia.

Dihari yang membahagiakan ini Kami di Sehat Dan Sehat mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, Minal Aidin Walfaizin Mohon Maaf Lahir Dan Bathin. Semoga di hari ini kita semua senantiasa mendapatkan kesucian dan kembali fitrah.

Kita semua berharap semoga apa yang telah dilatih selama menjalankan ibadah puasa tidak hilang begitu saja. Inilah saatnya kita membuktikan hasil pembelajaran dan latihan selama satu bulan. Kedisiplinan, ketaatan pada aturan, kesabaran dan keikhlasan menjalani semuanya adalah nilai penting yang perlu di relisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Satu bulan kita tertib menjalani pola makan sehat, kiranya ini dapat di pertahankan dalam sebelas bulan kedepan. Pencernaan kita terkondisi dengan volume makanan yang tidak terlalu banyak membuat kernjanya sedikit lebih ringan dari hari-hari sebelum bulan puasa. Kita memberi kesempatan istirahat atau relaksasi pada organ pencernaan yang selama sebelas bulan bekerja keras. Hal ini sangat baik untuk sistem pencernaan dan tubuh kita secara keseluruhan.

Tetap mengkonsumsi makan yang sehat dan halal, makan pada saat lapar dan berhenti sebelum kenyang adalah konsep pola makan yang sehat dan terbukti memberi hasil yang sangat baik.

Kedepan kita tentu ingin menjalani hidup dengan tetap berpegang teguh pada pola hidup dan pola makan yang sehat, karena hanya dengan begitu kita bisa meningkatkan tarap kesehatan dan produktifitas kerja.