Senin

Cara Praktis Untuk Tetap Awet Muda

cara awet mudaMungkinkah untuk tetap awet muda? paktanya ada banyak orang yang wajah dan tubuhnya  tetap segar dan tampak muda, padahal usianya sudah berumur.  Dari segi kesehatan  sesungguhnya mempertahankan tubuh untuk awet muda sudah bukan hal baru. Banyak tereatmen yang bisa dilakukan untuk maksud tersebut. 

Prinsip dasar dari upaya ini adalah membuat sel-sel tubuh tetap melakukan reproduksi memperbanyak dirinya sehingga di peroleh sel dan jaringan yang baru.  Secara alami sel dan jaringan tubuh akan mengalami penurunan fungsi karena proses penuaan tersebut. Tetapi jika sel dan jaringan tetap mendapat suplai energy dan nutrisi yang baik, maka proses penuaan dapat di hambat. Zat-zat gizi tersebut dapat bersumber dari berbagai bahan makanan seperti buah dan sayur.

Apa yang dapat dilakukan untuk membuat anda tetap awet muda?

 

Mengkonsumsi makanan alami di bawah ini dapat membantu mempertahankan fungsi sel dan jaringan tetap normal.

1. Cukup minum air putih setiap hari
Air adalah zat yang sangat penting keberadaannya di dalam tubuh. Sebagian besar dari tubuh terdiri atas air, sehingga ketika air bermasalah maka sebagian besar dari tubuh akan bermasalah. Semau proses fisiologi dan reaksi kimia di didalam tubuh berlangsung di dalam air. Air adalah pelarut zat-zat lain yang di butuhkan oleh tubuh. Pastikan anda mengkonsumsi air yang cukup setiap hari.

2. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayam atau jenis-jenis sayuran yang lain kaya dengan kandungan gizi seperti asam folat yang dapat mencegah rusaknya DNA dan pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat mendukung proses sirkulasi darah dan zat yang terkandung di dalamnya ke seluruh tubuh  dengan lancar.

3. Anggur merah dan buah yang berwarna ungu
Anggur merah adalah salah satu bahan makanan yang kaya dengan antioksidan seperti polifenol dan resveratrol.  Selain itu anggur merah juga mengandung mineral seperti  Mg, Mn dan Zn yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Polifenol dapat menghancurkan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Resveratrol membantu meningkatkan level kolesterol baik dalam tubuh dan mencegah penggumpalan darah dan menjaga sistem peredaran darah tetap sehat. Resveratrol yang terkandung dalam anggur merah juga bermanfaat bagi wanita saat menopause dengan mengurangi risiko penyakit seperti kanker payudara dan osteoporosis yang disebabkan berkurangnya level hormon estrogen.  Selain itu anggur merah juga dapat memperbaiki proses pencernaan.

Buah yang berwarna ungu seperti terong, kubis ungu, bawang merah, ubi jalar, anggur, kismis, plum dan blackberry, juga kaya akan zat-zat yang diperlukan untuk menyehatkan tubuh. Buah tersebut mengandung antioksidan yang kuat dan menjadi pelindung untuk mengurangi risiko kanker seperti kanker payu darah, menyehatkan jantrung dan meningkatkan daya ingat serta mencegah penuaan dini. 

4. Teh hijau
Teh hijau memiliki banyak manfaat diantaranya adalah bisa membantu tekanan darah menjadi teratur, menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol dan hasil 

The mengandung zat: Flouride, Asam amino L-theanine (memperkuat imune tubuh), Anti oksidan (Polifenol – 10 kali lipat dibanding sayuran, flavonoid), Quercetin, kaempfrol, dan myricetin (mencegah pengapuran pembuluh darah) dan Tein.
Riset membuktikan, teh hijau efektif mencegah kanker. Itu seperti obat paling mujarab yang bisa Anda dapatkan.

5. Cokelat hitam
Cokelat bisa membantu melawan tanda-tanda penuaan karena kandungan kakaonya. Kakao kaya akan antioksidan yang disebut flavonoids yang membantu menjaga fungsi pembuluh darah agar tetap sehat. 

Konsumsi kakao hitam yang kadar kakaonya lebih tinggi untuk mengambil manfaat yang maksimal.

6. Yoghurt
Yoghurt, selain mengandung zat gizi seperi kalsium juga mengandung banyak bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan usus dan mengurangi risiko penyakit usus yang berkaitan dengan umur. Kalsium dapat membantu mencegah osteoporosis. 

7. Produk kedelai
Kedelai merupakan sumber protein alternative yang sangat bagus di samping daging atau susu, karena memiliki sedikit kandungan lemak jenuh atau bahkan tidak sama sekali. Makanan yang rendah lemak jenuh akan mengurangi risiko Anda terkena serangan jantung dan menurunkan tekanan darah. Produk kedelai sangat bagus membantu menurunkan kolesterol dan tambahan yang berguna untuk makanan sehat.

Demikian beberapa jenis makanan yang dapat mencegah proses penuaan dini pada tubuh kita sehingga ketika di konsumsi secara benar ( gizi seimbang ) maka manfaat yang terkandung di dalamnya dapat kita maksimalkan.


2 komentar:

  1. 8. mengkonsumsi melia biyang secara teratur

    BalasHapus
  2. Kebanyakan orang menginginkan hal ini. Dan satu keuntungan bagi kita di indonesia karena melimpahnya buah dan bahan makan yang memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. termasuk yang dapat mempertahankan anda awet muda

    BalasHapus

Budayakan menulis komentar yang sesuai. Terima kasih untuk tidak SPAM