Selasa

Inilah 6 Makanan Yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Menurut Wikipedia Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama). Tekanan darah yang melebihi 140/90 mmHg saat istirahat diperkirakan mempunyai keadaan darah tinggi.

Sistol itu sendiri diartikan sebagai tekanan yang di peroleh pada saat jantung berkontraksi memompa darah dan Diastol di depinisikan sebagai tekanan yang di peroleh pada saat jantung berelaksasi yaitu pada saat darah masuk kedalam jantung. Dua hal inilah yang di jadikan patokan untuk mengukur besarnya tekanan darah seseoarang.

Hipertensi merupakan penyakit yang bisa terjadi pada semua orang tanpa mengenal usia. Jika tak segera ditangani  hipertensi bisa memicu penyakit pada jantung dan pembuluh darah ( stroke, aterosklerosis, serangan jantung, gagal jantung dan aneurisma arteria ), yang dapat memicu kematian. Hipertensi dapat di kenali dari Gejala yang timbul seperti sakit kepala, perdarahan dari hidung, pusing, wajah kemerahan dan kelelahan.

Cara terbaik untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan menjaga konsumsi makanan dan gaya hidup yang dapat meningkatkan tensi darah. Selain itu beberapa obat yang di rekomendasikan oleh dokter dapat di gunakan untuk menurunkan tensi.

Berapa tekanan darah yang normal? Ini sangat di pengaruhi oleh banyak factor seperti umur, jenis kelamin, aktifitas, posisi tubuh, kejiwaan, kondisi kesehatan tubuh, dll.. Menurut sumber di Wikipedia tekanan darah normal adalah kondisi dimana tekanan darah sistol adalah < 120 mmhg dan diastol < 80 mmhg.

Menurunkan tekanan darah dapat di lakukan dengan menggunakan obat yang di rekomendasikan oleh dokter. Selain itu mengkonsumsi beberapa bahan makanan dapat pula menurunkan tensi secara alami.

Bahan makan yang dapat menurunkan tekanan darah anda adalah:


Tomat
Sebagai salah satu sumber vitamin C dan antioksidan likopen tomat dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Tomat juga kaya nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A, E dan potasium serta kalium yang diperlukan untuk mengontrol tekanan darah.


Brokoli
Mengkonsumsi brokoli secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini bersumber dari Nutrisi penting yang terkendung di dalamnya seperti vitamin C, potasium dan khrom, terdapat di brokoli. Brokoli juga mengontrol kadar gula darah, kadar insulin dan melindungi jantung Anda dari penyakit jantung.


Bawang putih
Sebagai bumbu masakan bawang putih juga bermanfaat menurunkan tekanan darah. Jenis bawang membantu mencegah darah dari pengentalan, agar mengendalikan penyumbatan di dalam jantung.


Bayam
Sayuran hijau ini dapat membantu menurunkan tekanan darah anda. Bayam kaya dengan kandungan vitamin C dan nutrisi esensial lainnya, seperti zat besi, folat dan magnesium.


Pisang
Mengkonsumsi1-2 buah setiap hari, selain sebagai sumber energy dan vitamin bagi tubuh, pisang juga efektif menurunkan tekanan darah. Kalium dalam pisang diyakini ampuh mengontrol tingkat tekanan darah. Hanya perlu di ketahui bahwa pisang juga memiliki kandungan gula yang tinggi, sehingga mengkonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas.


Buah kaya vitamin C
Buah-buahan seperti jeruk,mangga,nenas, jambu biji, anggur dan stroberi merupakan sumber yang kaya dengan kandungan vitamin C. Banyak penelitian yang menunjukkan asupan vitamin C dapat mengurangi tekanan darah tinggi.


Bahan makan tersebut diatas merupakan bahan makan yang sering kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari.  Pilihlah jenis-jenis makan yang segar , makanyang sehat untuk mendapatkan kualitas kandungan gizi  terbaik untuk di konsumsi.


5 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    BalasHapus
  2. Bagaimana dengan buah mengkudu atau pace Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @dwi saputra jelas mengkudu masuk dalam kategori makanan yg kaya vit C jadi bisa juga. Yang penting apaun itu jangan berlebihan...!

      Hapus
  3. Anonim03:50

    saya termasuk pengonsumsi makanan tersebut , yaitu bayam, tomat, jeruk, itu rutin setiap hari , tapi kenapa tekanan darah saya 150/90 , waktu saya makan saya makan dengan tahu tempe , saya jarang makan nasi tetapi makan sayur dan sumber protein tahu tempe ? Tolong jwb

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Anonim, sebenarnya tekanan darah sangat di pengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah makanan, kejiwaan, usia,jenis kelamin dll. Walaupun sudah mengkonsumsi makan seperti diatas tetapi bisa jadi ada beberapa faktor lain yang masih berpengaruh sehingga tekanan darahnya masih agak tinggi.

      Hapus

Budayakan menulis komentar yang sesuai. Terima kasih untuk tidak SPAM