Senin

Propolis Makanan Kesehatan Dengan Manfaat Yang Sangat Besar

Bagi anda yang rajin mengikuti perkembangan dunia kesehatan alternative terutama tentang penelitian mahluk hidup sebagai sumber makanan kesehatan, tentu sudah sangat familiar dengan propolis.  Propolis merupakan salah satu makanan kesehatan yang saat ini banyak di konsumsi oleh masyarakat sebagai obat alternative. Ada banyak studi dan penelitian ilmiah di berbagai Negara  untuk mengungkap keajaiban dan khasiat dari propolis. Pada postingan ini blog sehat dan sehat mengulas sepintas tentang propolis  dan manfaatnya bagi manusia.

Apa itu propolis

Berdasarkan informasi  yang terdapat di  wikipedia, maka propolis dapat di deskripsikan sebagai berikut:

Propolis atau Lem Lebah adalah suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu. Dikumpulkan oleh lebah dari pucuk daun-daun yang muda untuk kemudian dicampur dengan air liurnya, digunakan untuk menambal dan mensterilkan sarang. Propolis bersifat disinfektan (anti bakteri) yang membunuh semua kuman yang masuk ke sarang lebah. lebah meliputi sarangnya dengan propolis untuk melindungi semua yang ada di dalam sarang tersebut dari serbuan kuman, virus, atau bakteri, misalnya: ratu lebah, telur, bayi lebah, dan madu.

Sifat disinfektan alami yang terkandung dalam propolis sangat ampuh dalam membunuh kuman, terbukti dengan ditemukannya seekor tikus dalam sarang lebah yang telah mati selama kurang lebih 5 tahun dalam keadaan tidak membusuk.

Warnanya bervariasi tergantung pada sumber botani, yang paling umum menjadi coklat tua. Pada suhu 20 ° C  atau lebih propolis bersifat lengket, dan bersifat keras dan rapuh pada suhu yang lebih rendah.

Sebenarnya lebah membangun sarangnya dengan propolis didalamnya sebagai pelindung koloni lebah dan makanannya dari serangan kuman dan pengaruh negatif lingkungan ( cuaca dan iklim ).  Zaat ini propolis  di yakini dapat berfungsi sebagai :

1.    mencegah pembusukan dalam sarang
2.    mencegah penyakit dan parasit memasuki sarang, dan untuk menghambat pertumbuhan bakteri
3.    membuat sarang lebih dipertahankan dengan menyegel pintu masuk alternative
4.    mengurangi getaran
5.    memperkuat stabilitas struktural dari sarang

Zat apa yang terkandung di dalam propolis

Hasil analisis kimia menunjukkan Komposisi propolis bervariasi  pada suatu sarang, daerah, dan musim. Propolis biasanya berwarna coklat tua, tetapi dapat ditemukan dalam warna hijau, merah, warna hitam dan putih, tergantung pada sumber  resin  yang ditemukan pada daerah sarang tertentu. 

·         Di daerah beriklim utara, misalnya, lebah mengumpulkan resin dari pohon, seperti poplar dan runjung (peran biologis resin dalam pohon adalah untuk menutup luka dan membela terhadap bakteri, jamur dan serangga). Khas! propolis beriklim utara memiliki sekitar 50 konstituen, terutama resin dan balsam sayuran (50%), lilin (30%), minyak esensial (10%), dan serbuk sari (5%).

·         Di daerah neotropical, selain berbagai macam pohon, lebah juga mengumpulkan resin dari bunga di marga Clusia dan Dalechampia, yang dikenal sebagai keluarga tanaman yang hanya memproduksi resin bunga untuk menarik penyerbuk  Clusia . zat lain adalah Benzofenon polyprenylated.

·         Di beberapa daerah di Chili, propolis mengandung viscidone, sebuah terpena dari semak Baccharis, dan di Brasil, epoksida naftoquinon baru-baru ini diisolasi dari propolis merah,  dan terprenilasi asam seperti asam sinamat 4-hidroksi-3 ,5-diprenyl telah didokumentasikan .  Propolis merah Brasil (sebagian besar berasal dari resin tanaman ecastaphyllum Dalbergia) memiliki persentase relatif tinggi dari isoflavonoid 3-Hidroksi-8 ,9-dimethoxypterocarpan dan medicarpin resin Poplar kaya akan flavonoid.. Caffeic acid phenethyl ester (CAPE) juga merupakan komponen propolis.

·           Analisis propolis di Cina ditemukan asam sinapinic, asam isoferulic, asam caffeic dan chrysin, dengan tiga senyawa pertama yang menunjukkan anti bakteri. 

Komposisi diatas menujukkan betapa bervariasinya propolis tersebut. Hal ini menjadi acuan untuk memanfaatkan propolis sebagai  makanan kesehatan. Tidak semua propolis memiliki khasiat dan manfaat yang sama. Semua harus di konfirmasi dengan sumber daerah  dan musim di mana propolis tersebut di ambil.

Apa manfaat propolis bagi manusia

Walaupun propolis sesungguhnya di buat oleh lebah untuk 100% kepentingan koloni lebah itu sendiri. Namun karena kandungan zat yang terdapat didalamnya maka manusia kemudian memanfaatkan propolis sebgai makanan kesehatan. Bahkan sebagaian menjadikannya sebagai obat herbal untuk berbagai macam penyakit degenerative.

Secara umum propolis dapat di gunakan untuk:

1.  Penetral Racun dan Antioksidan Kuat.
2.  Penguat Sistem Kekebalan Tubuh
3.  Memperkuat dan Mempercepat Regenerasi Sel
4.  Suplementasi ( Semua jenis vitamin kecuali vitamin K, Semua mineral kecuali sulfur, 16 macam rantai asam amino )
5.  Bioflavonoids  ( zat anti oksidan kuat )
6.  Penyembuhan ( Anti virus , bakteri dan jamur, Anti peradangan, Anti Alergi, Anti Kanker, Penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah dan sistem kelenjar )

Untuk mengetahui manfaat propolis pada manusia silahkan kunjungi website propolis super herbal

Dengan manfaat yang begitu penting maka sangat wajar kalau kemudian masyarakat banyak menggunakan makanan kesehatan ini. Ini kabar baik karena Indonesia ternasuk negeri yang memiliki populasi lebah madu yang banyak hidup di hutan-hutan di berbagai pulau. Semoga sumber daya alam hayati ini dapat di kelola dengan bijaksana sehingga lebah madu dan propolis yang dihasilkannya dapat lestari.


2 komentar:

  1. Makasi atas tips kesehatanya Insyah Allah saya akan Registarasi pake ref pak Idrus

    BalasHapus
  2. @Dara Daeng Makassar, trims sudah berkunjung ke blog Sehat Dan sehat. Selamat mencoba. tetap sehat dan produktif setiap hari.

    BalasHapus

Budayakan menulis komentar yang sesuai. Terima kasih untuk tidak SPAM