Minggu

Perbaiki Suasana Hati Anda Dengan Makanan Yang Tepat


Suasana hati atau mood terkadang mengalami gejolak, naik turun,  resah dan gembira atau apapun istilah dan kondisinya. Ketika keadaan kita dalam keadaan down atau berada pada kondisi yang tidak menyenangkan maka tentu hal seperti itu tidak boleh di biarkan. Mengatasi dengan mencari akar permasalahannya adalah cara yang baik di lakukan. 

Sementara kita mencari solusi yang tepat kita dapat mengatasi atau memperbaiki mood tersebut dengan mengkonsumsi makanan tertentu yang baik untuk masing-masing kondisi tubuh.

Dibawah ini kondisi suasana hati  yang dapat di perbaiki dengan mengkonsumsi makanan yang sesuai.


·         Lesu/letih
Apakah Anda merasa lesu karena kurang tidur atau hanya merasa lesu, minum jus bit dapat menghidupkan kembali energi Anda. Ubi bit memiliki kadar gula tinggi dan banyak nutrisi berenergi seperti magnesium dan vitamin C. Para peneliti di University of Exeter menemukan bahwa jus ubi bit memungkinkan orang berolahraga kembali hingga 16 persen.

·         Otak berkabut ( Mummet )
Ketika Anda merasa bingung, tidak fokus, pelupa, atau pikiran Anda berjalan lambat, Cobalah minum air putih atau dengan secangkir teh hijau. Sekitar 80 persen otak kita terdiri dari air Minum air dapat membantu otak Anda tetap terhidrasi dan berfungsi optimal. Teh hijau juga membantu menjaga kewaspadaan Anda dengan mengatur kadar gula darah, membantu melindungi otak dan mengurangi resiko demensia (gejala yang disebabkan oleh gangguan otak).

·         Stres
Apakah anda mengalami kelelahan dan stres karena seharian sibuk dengan pekerjaan yang menyita banyak waktu dan energy untuk menyelesaikannya.
cobalah konsumsi beberapa blueberry untuk mengatasi stres. Blueberry memiliki kandungan vitamin C tinggi, yang dapat membantu tubuh mengatasi stres tingkat tinggi. Juga dilengkapi dengan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh Anda. Selai blueberry ada banyak pilihan jenis makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, strawberry dll.

·         Perasaan Gelisah 
Ketika anda ada rencana menghadapi wawancara atau presentasi, cobalah ganti kopi di pagi hari (yang dapat membuat Anda gelisah) dengan teh herbal. Efek chamomile yang menenangkan begitu kuat hingga dapat mengurangi gangguan kecemasan ringan hingga sedang, jadi cobalah secangkir teh chamomile untuk membantu mengurangi kegelisahan.

·         Broken heart ( patah hati )
Mengonsumsi cokelat untuk mengatasi patah hati adala salah satu cara yang baik.  Cokelat mengandung banyak zat kimia untuk mengurangi kesedihan, seperti magnesium yang membuat santai, anandamide yang menenangkan dan phenylethylamine yang meningkatkan suasana hati. Cobalah konsumsi cokelat gelap secukupnya! untuk mengoptimalkan kesehatan anda.

·         Rasa Malu 
Sebuah hasil Penelitian di McGill University di Montreal menemukan bahwa makanan yang mengandung tryptophan (salah satu asam amino esensial) dapat membuat orang merasa lebih percaya diri. Sumber terbaik untuk tryptophan yakni daging (terutama ayam), ikan seperti salmon dan tuna, dan kacang-kacangan. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut perasaan malu anda yang berlebihan dapat teratasi.

·         Perasaan Cinta 
Apakah anda sedang janjian dengan teman special dan ingin mengubah suasana hati? Cobalah makanan kaya zinc untuk merangsang libido dan meningkatkan keinginan. Jenis makanan yang tepat adalah tiram yang merupakan aphrodisiac (zat yang dapat meningkatkan hasrat seksual) yang terkenal karena kandungan zinc yang tinggi, jika Anda bukan penggemar hewan invertebrata lunak tersebut, cobalah kerang, kacang pinus, atau biji labu.

·         Marah atau amarah
Pada saat anda merasa marah, cobalah konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian untuk membantu menenangkan diri Anda. Penelitian menunjukkan, Omega-3 dapat mengurangi perilaku agresif pada orang dewasa dan anak-anak dengan masalah perilaku yang parah. Suatu penelitian di Jepang menyarankan wanita yang sedang marah untuk mengonsumsi zinc ( Zn ). Untuk memenuhi asupan nutrisi, konsumsilah kenari dan biji rami, yang banyak mengandung zinc dan asam lemak Omega-3.

·         Perasaan takut
Banyak orang menderita ketakutan, mulai dari yang umum (seperti acrophobia : takut ketinggian) hingga yang specifik (seperti arachibutyrophobia :  takut terhadap selai kacang).  Penelitian menunjukkan, kekurangan folat dapat menyebabkan ketakutan yang tidak masuk akal dan kecemasan berlebihan, jadi sebaiknya tingkatkan asupan folat Anda,  sama seperti memperbaiki suasana hati dengan Omega-3 dengan mengonsumsi alpukat.

·         Kesedihan
Jika Anda membutuhkan dorongan kebahagiaan, cobalah konsumsi minyak ikan untuk meningkatkan kesehatan otak dan suasana hati. Minyak ikan tak hanya kaya dengan asam lemak Omega-3, yang membantu mengurangi depresi, perasaan negatif dan suasana hati, namun salmon dan tuna juga merupakan sumber vitamin B12, yang membantu meningkatkan suasana hati menjadi lebih positif

Suasana hati tersebut diatas merupakan kondisi umum yang rata-rata pernah kita alami. Bahkan mungkin sekarang ada di antara pembaca yang budiman yang sedang mengalaminya. Tidak ada salahnya untuk di coba sebagai solusi sementara sebelum akar permasalahannya benar-benar sudah di temukan. Bahkan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi atau makanan yang sehat,  seperti di uraikan di atas, akan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap dampak negatif dari kondisi suasana hati yang memang tidak enak untuk di nikmati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Budayakan menulis komentar yang sesuai. Terima kasih untuk tidak SPAM