Senin

8 Jenis Makanan Yang Dapat Mengatasi Sakit Tenggorokan

sakit tenggorokan
Perubahan cuaca yang tertjadi seperti sekarang ini ( maret, april dan mei ) sangat rentang menimbulkan gangguan pada kesehatan. Terutama gangguan pada tenggoran. 


Sakit tenggorokan merupakan indikasi serangan virus flu pada manusia. Walaupun tidak terlalu sering dan tampak sepele, tetapi bagaimanapun tetap saja akan menggangu. 
Salah satu cara yang dapat di lakukan untuk mengatasi ganmgguan kesehatan ini adalah dengan memperbaiki pola hidup dan mengkonsumsi jenis makanan sehat. Diharapkan dengan konsumsi makanan sehat, produktifitas anda setiap hari dapat di pertahankan


Di bawah ini 8 jenis makanan yang dapat di konsumsi untuk mengatasi sakit tenggoran.


1. Wortel
Makanan ini banyak mengandung sat gizi seperti vitamin A ( beta carotin ), C, K serat dan potassium. Makanan ini harus di rebus terlebih dahulu sebelum di konsumsi jadi obat sakit tenggorokan. Wortel dapat menjadi obat yang sangat mujarab ketika anda sakit.

2. Gandum pasta
Jenis makanan ini banyak mengandung sat gizi seperti vitamin B1, B2, B3, dan E.  Untuk membuat jadi obat sakit tenggorokan,  bahan makanan ini sebaiknya dalam bentuk pasta panas dan di buat dalam saus rendah lemak.

3. Oatmeal
Ini merupakan salah satu jenis makanan yang kaya serat. Oatmeal juga banyak mengandung protein dan rendah glycemix. Selain dapat di gunakan mengatasi sakit tenggorokan oatmeal dapat menurunkan kolesterol jahat ( LDL: low Density Lipoprotein ). Semangkuk oatmeal panas yang di campur dengan madu atau pisang merupakan kombinasi yang sangat baik untuk mengatsi sakit tenggorokan anda.

4. Teh jahe
Kombinasi the jahe dan madu dapat menjadi obat alternative yang baik untuk mengatasi rasa sakit karena iritasi pada tenggorokan. Selain itu uapnya dapat melegakan sesak di dada.

5. Telur orak
Ini adalah jenis makanan yang sangat kaya dengan kandungan protein. Orak arik/putih telur dapat membantu mengurangi rasa sakit karena peradangan tenggorokan. Parlu di perhatikan adalah ketika bahan makan ini di guinakan, supaya tidak mencampur dengan bahan rempah, karena dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit.

6. Lemon juice dan madu
Ini adalah jenis makanan yang sudah sangat sering digunakan sebagai alternative untuk mengatsi rasa sakit karena radang tenggorokan ketika kita terserang flu. Campuran Lemon juice dan madu dapat pula mendinginkan tenggorokan sehingga perasaan lebih adem.

7. Chicken soup
Chicken soup atau sup ayam adalah satu obat yang secara turun temurun banyak di gunakan untuk mengobati rasa sakit tenggorokan. Jenis makanan ini memiliki sifat anti implamasi ringan dan mencegah infeksi virus. Untuk melengkapi nutrisinya, sup ayam dapat di campur dengan wortel, bawang, bawang putih, seledri,  ubi jalar dan lobak.

8. Pisang
Pisang kaya dengan kandungan sat gizi seperti B6, kalium dan vitamin C dan rendah glikemik teksturnya yang lembut memudahkan untuk di telan.

Jenis makanan tersebut di atas merupakan alternative untuk mengatsi sakit tenggorokan. Masing-masing orang akan mengalami reaksi yang berbeda terhadap jenis-jenis makanan tersebut. Jadi bisa saja orang lain yang meminum salah satu jenis makanan tersebut dan mendapatkan reaksi yang positif sementara orang lain mungkin agak lambat atau bisa jadi tidak ada afek penyembuhan apa-apa.  Sebagai bahan makanan alami tidak ada salahnya di coba.

Saya berharap informasi ini dapat membantu bagi anda mungkin sedang mengalami rasa sakit tenggorokan. Tidak ada jaminan kesembuhan, karena itu sangat tergantung dari kondisi tubuh dan tingkat keparahan sakit yang anda derita. Bagaimanapun jika sakit berlanjut, tidak ada cara yang lebih baik kecuali ke dokter.  Ok

Bagaimana menurut anda.  Apakah anda memiliki pengalaman yang berkaitan dengan penggunaa salah satu jenis makanan tersebut di atas untuk mengatasi rasa sakit tenggorokan. Apa yang anda lakukan jika mengalami sakit tenggorokan?

2 komentar:

  1. Saya baru tahu kalau pisang juga bisa mengatasi sakit tenggorokan. Nice share...

    BalasHapus
  2. @Mbak Mila, iya menurut sumber saya begitu. Jadi ngak ada salahnya di coba.

    BalasHapus

Budayakan menulis komentar yang sesuai. Terima kasih untuk tidak SPAM